FAQ

Frequently Asked Questions (FAQ)

  • PT Fathonah Amanah Shidiq Tabligh (PT FAST) adalah perusahaan berskala Industri Obat Tradisional (IOT) yang didirikan pada tahun 2024 oleh H. Maheda Dwinarendra, MBA.
  • PT FAST hadir dengan inovasi, pengembangan, dan riset serta memanfaatkan bahan alam Indonesia khususnya tanaman obat agar menjadi produk herbal yang berkhasiat serta bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit.

 

Tentu saja boleh. Sebelum menggunakan jasa maklon obat herbal bersama PT FAST, maka Anda berhak bertanya tentang berbagai hal terkait produk, jasa maklon, biaya, proses, legalitas dll. Silahkan hubungi kami di: HP/WA: +628131628876 Email : info@fast1herbal.co.id

Jasa Maklon adalah kerjasama antara perusahaan yang memiliki izin produksi, legalitas, serta sertifikasi kualitas dengan customer dan atau perusahaan yang ingin memiliki merek produk sendiri, namun tidak memiliki fasilitas produksi.

 

Proses Maklon
1. Konsultasi Konsep Produk
Berikan gambaran mengenai produk yang ingin dibuat. Apabila masih merasa ragu mengenai konsep produk. Tim RND kami akan memberikan saran dari pemilihan formula, bahan baku dan kemasan

2. Lengkapi Dokumen
Dokumen Persyaratan Maklon untuk Badan Usaha:
• Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur
• Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan
• Hak Kekayaan Intelektual Merek (HKI) Asli
• Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
• Nomor Induk Berusaha (NIB)
Dokumen Persyaratan Maklon untuk Perorangan:
• Kartu Tanda Penduduk (KTP)
• Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
• Hak Kekayaan Intelektual Merk (HKI)

3. Surat Penawaran Biaya RND dan Uji Lab
Setelah menentukan produk dan formula ditentukan, kami akan memberikan surat penawaran untuk Biaya RND dan Uji Lab.

4. Pembuatan Sampel Produk
Setelah Surat Penawaran Biaya RND dan Uji Lab disetujui dan biayanya dibayarkan kami akan membuatkan sampel produk. Masa proses R&D (komposisi, rasa dan aroma) dilaksanakan 21 (dua puluh satu) hari kerja sejak pembayaran biaya diterima. Anda akan mendapatkan sample produk untuk dilakukan test organoleptic (test rasa, tekstur dan aroma). Revisi hasil trial sample produk (komposisi, rasa dan aroma) dilakukan maksimal 2 (dua) kali dalam periode 14 (empai belas) hari kerja. Lebih dari itu akan dikenakan biaya normal (awal).

5. Surat penawaran Biaya Pendaftaran Nomor Izin Edar BPOM
Setelah hasil R&D Prototipe Produk telah diterima dan disetujui, selanjutnya Kami akan mengajuka biaya penadaftaran Nomor Ijin Edar sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku pada BPOM.

6. Mengurus Perizinan
Setelah biayanya dibayarkan kami akan Kami akan mengurus mulai registrasi BPOM.
Selain Registrasi BPOM kami juga akan mengurus sertifikasi Halal dari LPPOM MUI, dan sertifikasi hak kekayaan intelektual seperti merek dan hak paten yang mana biayanya akan diajukan secara terpisah.

7. Surat penawaran Harga Produk
Setelah sampel produk disetujui, selanujutnya kami akan membuat surat penawaran produk diantaranya berisi mengenai: Jumlah Pemesanan, Harga Produk, Spesifikasi Bahan Kemas dan Komposisi

8. Pembayaran Biaya Maklon
Setelah Surat Penawaran diseujui selanutnya adalah proses pembayaran. Pada tahap ini biaya maklon yang harus dibayarkan dibagi menjadi 2 tahap yaitu :
- Uang muka 50% pada saat surat penawaran ini ditandatangani
- Sisa pembayaran 50% dibayarkan sebelum produk dikirim (Cash Before Delivery)

9. Kontrak Kerjasama Maklon
Selanjutnya kami akan membuat Surat Perjanjian Pembauatan Produk (maklon).

10. Mulai Produksi
Produksi akan dimulai setelah nomor Ijin Edar BPOM untuk produk sudah keluar.

11. Kualitas Kontrol
Setelah diproduksi, produk harus melewati proses kualitas kontrol untuk memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

12. Pengiriman Produk
Setelah proses produksi selesai, kami akan membantu mengirimkan produk Anda.

  • Perusahaan kami telah memiliki izin Industri Obat Tradisional (IOT)
  • Bahan alam yang kami gunakan berasal dari supplier yang memiliki sertifikat Good Agricultural Practice (GAP)
  • Memiliki tim R&D berpengalaman dan didukung oleh Tim Peneliti Herbal Ilmiah dari Universitas ternama di Indonesia
  • Proses produksi sesuai acuan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB)
  • Produk dari perusahaan kami terdaftar di BPOM ditandai dengan Nomor Izin Edar (NIE)
  • Tenaga kerja di pabrik kami merupakan tenaga ahli yang profesional di bidangnya
  • Pabrik kami menggunakan mesin dan alat produksi yang modern dan canggih sesuai dengan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB)
  • Kami memperhatikan sanitasi dan hygienitas agar produk yang kami hasilkan dapat lebih bermanfaat
  • Kami memiliki Laboratorium sendiri yang dirancang khusus untuk mendukung proses produksi sehingga dapat menghasilkan produk herbal yang lebih berkhasiat
  • Sistem Tata Udara (STU) dan Sistem Pengolahan Air (SPA) yang canggih sehingga sesuai dengan kriteria BPOM RI
  • Setiap produk herbal yang Kami hasilkan melalui proses ekstraksi dengan sistem maserasi yang dapat menarik zat aktif menjadi kadar hingga 20:1 agar produk yang dihasilkan bisa mencapai kuratif dan rehabilitatif
  • Tim kami memastikan untuk menjaga mutu dan kualitas produk, sehingga memberikan efek yang optimal

Obat tradisional dan suplemen kesehatan dalam bentuk sediaan tablet, kapsul, serbuk oral, dan cairan obat dalam (COD)

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan jasa maklon di PT FAST tentunya bervariasi dan sangat kompetitif, tergantung pada jenis produk yang akan diproduksi, tingkat kesulitan produksi, dan juga jumlah pesanan.

Namun jangan khawatir, Anda bisa melakukan konsultasi dengan kami untuk mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan.

Kami siap untuk memproduksi produk Anda dalam jumlah kecil maupun besar, mulai dari 5.000 botol/5.000 display box. Namun, Anda bisa konsultasi secara langsung terkait jumlah order, harga, sample, serta kebutuhan lainnya.

Di PT FAST, Anda akan mendapatkan:

  • Konsultasi awal untuk menentukan konsep produk, pemilihan bahan baku, maupun pemilihan desain kemasan
  • Kami akan memastikan produk Anda aman untuk didistribusikan karena telah memiliki Nomor Izin Edar BPOM RI
  • Produk Anda akan terjamin kehalalannya
  • Kami dapat membantu mengembangkan produk Anda di pasaran melalui jaringan kami
  • Sebelum produk diproduksi, Anda akan mendapatkan sample sebanyak 5-10 pcs
  • Kami juga memberikan layanan desain kemasan produk yang tentunya sesuai dengan standar yang berlaku dan mudah diidentifikasi oleh konsumen. Layanan desain kemasan bisa direvisi hingga maksimal 3 kali hingga sesuai dengan keinginan Anda
  • Kami akan membantu proses pendaftaran produk ke BPOM RI hingga seluruh administrasi tentang produk Anda telah lengkap

  • Pembuatan sample pertama akan kami proses kurang lebih selama 2-4 minggu
  • Pengurusan izin edar produk ke BPOM RI akan diproses selama 3-8 bulan dan progres akan di-update atau diinformasikan setiap 2 minggu
  • Proses produksi akan dilakukan selama 2-4 minggu setelah purchase order diterima